Pages

Wednesday 26 November 2014

Resensi Buku Change Your Mindset (change your life)


Judul Buku                  : Change Your Mindset (change your life)
Penulis                         : Carol S Dweck, Ph.D
Penerbit                       : Serambi Ilmu Semesta ; Jakarta
Tahun Terbit                : 2007

Dalam buku ini diceritakan bahwa pikiran manusia terbagi menjadi 2 yaitu pikiran berkembang dan pikiran statis atau tetap. Pikiran orang yang berkembang mengatakan bahwa segala sesuatu bisa diubah karena kerja keras, sedangkan pikiran statis mengatakan bahwa buat apa melakukan sesuatu dan berusaha mempertahankan harga diri. Orang yang mempunyai pemikiran statis berorientasi mencari orang yang lebih buruk daripada mereka.
Orang yang berpikiran statis mengatakan jika kamu melakukan sesuatu dan gagal berarati kamu tidak berbakat melakukannya, sedangkan orang yang berhasil berarti dia jenius karena dalam pikirannya segala hal dilakukan dengan mudah bagi orang-orang yang jenius.
Karena apapun kemampuan yang kamu miliki, upaya merupakan sesuatu yang menyalakan kemampuanmu dan mengubahnya menjadi pencapaian. Ada upaya untuk mencapai sesuatu karena tidak ada sesuatu yang berhasil tanpa pencapaian.
Sedangkan dalam hal cinta seorang yang berpikiran statis akan mengatakan bahwa pasangan didapat dengan seketika. Ada seorang pangeran yang datang kepadanya dan membuat kehidupannya berubah. Dimana yang ideal adalah yang seketika, sempurna dan abadi. Sepertinya sudah ditakdirkan. Tanpa usaha sama sekali. Hubungan yang harmonis terjadi secara otomatis. Ia tidak mengharapkan dua sejoli berusaha saling membantu satu sama lain untuk menyelesaikan permasalahan diantara mereka.
Kejadiannya tidak demikian untuk yang berpikiran berkembang. Mereka menganggap bahwa hubungan yang baik dan bertahan lama berasal dari usaha tertentu dan dari upaya untuk menyelesaikan perbedaan-perbedaan yang tidak terhindarkan. Pakar pernikahan Aaron Beck mengatakan bahwa salah satu kepercayaan yang paling merusak hubungan adalah “Jika kita harus bekerja keras mengupayakannya, pasti ada yang salah dalam hubungan kita”. Dan yang lebih menyedihkan lagi bagi mindset tetap ketika cintanya ditolak maka dia akan menuntut balas pada orang yang telah menyakitinya dengan cara apapun. Dengan sangat jelas tujuan mereka untuk balas dendam.

No comments:

Post a Comment